Jumat, 09 Desember 2011

unsur utama komunikasi data

Sumber Data adalah unsur yang bertugas untuk mengirimkan informasi, misalnya terminal komputer. sumber data ini membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi. Sumber pada umum nya dilengkapi dengan transmitter yang berfungsi untuk mengubah informasi yang akan dikirimkan menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, antara lain pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital. Contoh dari transmisi adalah modem yaitu perangkat yang bertugas untuk membangkitkan digital bitstream dari PC sebagai sumber data menjadi analog yang dapat dikirimkan melalui jaringan telepon biasa menuju ke tujuan.

Media Transmisi Data merupakan jalur dimana proses pengiriman data dari sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi data yang dapat digunakan jalur transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan, dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam hal ini berfungsi sebagai jalur informasi untuk sampai pada tujuan nya. Beberapa media transmisi yang digunakan antara lain twisted pair, kabel coaxial, serat optik, dan gelombang elektromagnetik.


Penerima Data adalah alat yang menerima data atau informasi, misalnya pesawat telepon, terminal komputer, dan lain-lain, yang berfungsi menerima data yang dikirimkan oleh suatu sumber informasi. Penerima merupakan suatu alat yang diebut receiver yang fungsinya untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan menghubungkannya ke dalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap dan digunakan oleh penerima. Sebagai contoh modem yang berfungsi sebagai receiver yang menerima sinyal analog yang dikirim melalui kabel telepon dan mengubahnya menjadi suatu bitsream.
http://up-windu-9f.blogspot.com/2011/02/unsur-utama-sistem-komunikasi-data.htm

0 komentar:

Posting Komentar